Friday, February 1, 2013

Interview

Hari ini aku lagi males ber-english ria, kepengen curhat dolo deh, speak englishnya lanjutin besok2 aja (ngahahahaha).
Nah malah jadi bingung mau mulai darimana, well okey, begini-begini.. di postingan sebelumnya aku kan uda cerita kalo aku lagi memulai usaha di bidang fashion, dengan bermodal pengetahuan yang minim, dan tanpa tahu teknik patronage or something lah yang penting niat dan action uda ada, yang lain dipelajari sambil jalan, bener ga? jadi nggak ada alasan yang namanya nanti nanti saja buat jadi pengusaha. Nah, sebelum aku punya ide untuk buka usaha ini aku sempet apply kerjaan di beberapa tempat, majoring in sales marketing soalnya itu yang menurut aku menantang dan asik, dan karena dulu juga aku pernah PKN di bidang itu walopun udah lupa-lupa inget istilah2nya inquiry, basic rate, ad hoc rate or whatever it is. Nah beberapa hari yang lalu aku dapet panggilan untuk interview, walopun ogah2an gara2 emang nggak niat sih soalnya uda kadung semangat untuk usaha sendiri kan yawda karena uda dipanggil aku coba untuk dateng2 aja, sapa tau emang kerjaannya ga terlalu ribet dan nyita waktu untuk usaha di rumah, kasarannya yah itung2 dapet duit tambahan untuk modal usaha lah..
Nih interior hotelnya (anyone know?)


Nah setelah dateng ke perusahaan yang lokasinya di seputaran Jalan Raya Kuta dan berbasis di bidang perhotelan dan merupakan salah satu International Chain Hotel aku di interview tuh sama HRDnya, masih muda sekitar akhir 20 atau awal 30 gitu lah kira-kira dan dari yang aku tau hasil ngobrol-ngobrol sama beliau ini, memang sudah menikah dan uda punya anak, kalo kata temenku yang ketemu sama si ibu ini juga kayanya si ibu ini lulusan psikologi, soalnya ekspresi dan pembawaannya bisa berubah 180 derajat sama tiap orang yang berurusan sama beliau, dan sama aku pembawaannya memang enak bikin kita suka lama2 ngobrol dengan si ibu ini.
Interview ceritanya
Dan pada akhir interview akhirnya aku di suruh datang besok pagi buat ketemu sama Sales Manager hotel itu. Seperti yang dikasih info ke aku sendiri, SM hotel ini satu-satunya orang sales karena Sales Executive yang sebelumnya udah resign karena ada urusan dan harus pindah ke luar kota, dan kandidat pengganti sebelum aku menolak tawaran karena harus bekerja dengan fast rhythm karena emang SMnya yang rada-rada apa yah istilahnya orangnya keras dan perfeksionis. Walah-walah kalo kaya gini sih, aku nggak akan bisa kerja double job, kerja sama orang dan harus ngurusin bisnis sendiri, nggak akan bisa nih yang jelas, tapi yaudah lah karena dijanjikan ketemu SM besok pagi, akhirnya aku iyakan aja, lagian kan aku emang ga belom tentu diterima dan emang ga niat buat diterima kerja disitu, employee yang keluar dari executive office tampangnya rata-rata tampang-tampang ditekuk semua, nggak kaya tempat kerja aku dulu ataupun tempat PKN aku dulu, waduh nggak bisa nih aku kerja di lingkungan kaya begitu.
Besoknya, aku dateng pagi-pagi, janjiannya sih jam 10 tapi jam setengah 10 uda dateng, waktu aku tanya ke security ternyata ibu HRDnya belum dateng aku tunggu sampe jam 10 akhirnya aku minta langsung ketemu ke SMnya aja daripada kelamaan dan biar cepet pulang, mana waktu itu aku kebelet pup lagi (Ya ampooonnn). Waktu ketemu itu SM (let me guess, usianya sekitar awal 30an deh) aku di suruh nunggu (muka gw makin pucet pengen ke WC tapi ga enak, ahahahhaha). Beberapa menit kemudian akhirnya SMnya dateng lagi, karena ruang meetingnya dipake, akhirnya kami pindah ke area restaurant. We talked bla bla bla, aku ditanyain macam-macam, she judge me what kind of person i am, oke deh aku memang suka mandang orang dengan tatapan alis naik satu kalo baru pertama kali ketemu (iya kali gara-gara itu aku sering dipikir songong, padahal cuma dalam pikiran aku begini nih "ini orang apa yang dia pikirin tentang gw yah? performance gw jelek, make up ga oke, udah oke, apa gimana?"). Yah seperti yang aku duga sebelumnya, orang ini memang perfeksionis, she kind of grumpy people on work.
Grumpy people
I like to chit-chat with the person like this, aku bisa dapet banyak masukan dari orang seperti ini, tapi untuk kerja under her instruction dan dengan muka merengut pada saat kerja, hmm..kayanya aku ga bisa deh, soalnya kenapa. aku orangnya pengen dikasih kebebasan dalam bekerja, maksudnya bukan kebebasan yang kaya ga nurutin peraturan, nggak sama sekali, tapi aku pengen misalnya ada one task tapi aku harus bekerja dengan instruksi yang uda harus ini lalu begini lalu begini, aku ga bisa, apalagi orang ini orang yang menuntut kesempurnaan dalam bekerja, elaaaah..mana gw orangnya ga teliti pula, bisa kacau nanti, kalau memang harus teliti aku memang perlu waktu lagi untuk recheck kerjaan aku. I like her dicipline, bisa jadi acuan untuk bisnis aku, kalopun memang aku harus bekerja seperti itu, kenapa aku harus terapin di perusahaan orang kalau dengan cara itu bisa bikin bisnis aku sukses?. Do you agree?. Well, the ending is, aku nggak tau aku diterima atau nggak, kalaupun diterima nantinya (beneran ajaib kalo diterima, apalagi aku jawab memang seenak udel, nggak berusaha nyenengin SM tadi, yah emang ga ada persiapan dan aku nggak niat :P ) aku tetap bakal ngundurin diri. Kerjaan itu nantinya bener-bener ngebutuhin 100% konsentrasi aku kesitu, dan cuma sedikit waktu untuk kerjaan lain, Do I have to work that hard to develop other company? Okey, i can learn many things there, but no time to develop your own business? Hell, i can say a big NO for it. :) And its better to focus to build our dream, rite?
Fashionpreneur

2 comments:

  1. I agree! It's better to focus on your dream ^^ Interesting job interview story ^^ thanks for sharing <3

    Caroline
    http://missoline.com/

    ReplyDelete